Rabu, 20 November 2013

tutorial upcycle pakaian

    Halo semuanya, selamat sore. Ada tantangan upcycle di Facebook nih! Jadi pingin ikut. Dan inilah ide saya, klasik dan umum banget sih. Maklum pemula, malah belum apa-apa sama sekali lho.

Berikut alat dan bahannya.

Bahan:
- Kaos yang sudah tidak dipakai lagi (kaos yang saya punya warna coklat dan masih bagus tapi pendek, karena itu mau saya modifikasi sedikit)
- Rok span berwarna senada
- Risleting sewarna (sayangnya yang saya punya warna biru tua T_T )
- Sedikit tambahan bahan untuk variasi

Alat:
- Gunting
- Mesin jahit
- Penggaris
- Meteran
- Kapur jahit
- Benang jahit
- Pendedel

1. Pertama-tama ukur lingkar pinggang kaos dengan meteran, kalau punya saya 43 cm.

2. Ukur dan garisi rok span selebar pinggang kaos tadi dengan penggaris dan kapur jahit.

3. Potong rok pada bagian garis tadi, boleh dilebihkan sekitar 1/2-1 cm.

4. Lalu dedel atau bongkar jahitan samping roknya sekitar beberapa senti untuk kantong.

5. Lipat ke sisi buruk bagian yang di bongkar tadi dan jahit pada sisi miringnya.

6. Tentukan besar ukuran kantung baju yang kita kehendaki lalu gunting bahan untuk kantungnya dengan ukuran tersebut. Kalau saya pakai bahan warna hitam, seharusnya coklat juga sih.


7. Jahitkan bahan tadi ke rok tadi pada bagian kantung di keempat sisinya.

8. Jika sudah selesai, gabungkan bagian rok tadi dengan bagian bawah baju/kaos dan jahit sampai selesai, sekarang tahap satu pakaian upcycle-nya sudah selesai.

 

9.  Untuk memasang risleting, garisi bagian depan tengah baju dari leher sampai ujung dengan kapur jahit dan penggaris.

10. Lalu potong garis tersebut dengan gunting, pastikan sisi kiri dan kanannya sama besar dan guntingan tepat di tengah baju bagian muka, kecuali jika anda ingin membuat variasi.


11. Jahit risleting jaketnya pada kedua sisi pakaian, saya sengaja memilih risleting jaket yang panjangnya dari leher sampai ujung pakaian (yang sudah disambung dengan rok span) agar lebih praktis.

12. balik lalu jahit tindas risleting jaketnya sebagai penyelesaian.
selesai!


belakangan aku baru nyadar selain jahitan risletingku nggak rapih, kantong yang kubuat juga kecil hehehe
lebih bagus lagi kalau pakaian ini diobras, tapi untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan aku memilih tusuk veston aja.
Beginilah hasilnya, kalau masih ada yang belum jelas jangan sungkan bertanya. :)
Maaf kalau tutorial, hasil karya dan gambarnya kurang memuaskan.

Happy sewing and crafting :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar