Minggu, 26 Juli 2020

Bagaimana cara mengembalikan semangat untuk menulis di blog?

How Neil Patel Managed to Write 4294 Blog Posts
sumber gambar: neilpatel.com
Bagaimana cara mengembalikan semangat untuk menulis di blog?
Hahaha aku banget nih.
Sering banget aku mager buat nulis blog aku πŸ˜‚.
Saking mager dan nggak semangatnya bisa lama banget updatenya sampai hampir setahun πŸ™ˆ.
Cara Pertama: Baca Postingan Ide-ide Menulis Blog
contoh ide postingan blog dari Pinterest.com
Biasanya sih aku buka pinterest, ketik blog post ideas. Dari situ banyak banget ide-ide yang simple dan sederhana yang bisa memotivasimu buat nulis.
Terlepas lagi keabisan ide ato nggak, cara ini bisa memotivasiku buat nulis. Nulis aja sih tapi nggak di upload, berupa draft aja πŸ˜‚ (plis jangan tampol akuπŸ™ˆ)
Cara kedua: Tulis Sewaktu Mood dan Cicil Tulisan
Kalo lagi ada keinginan nulis langsung aja nulis. Terserah mau di aplikasi blognya langsung, di hape, di notes, di laptop, di buku diary, bahkan di sticky notes laptop pun nggak masalah. Yang penting ide dan tulisanmu 'tertuang' dan terekam dalam media pencatat.
Tulis aja dulu sedikit-sedikit nggak apa-apa. Yang penting jangan terlalu membebani dirimu sendiri.

Tulis aja dulu sedikit-sedikit nggak apa-apa. Yang penting jangan terlalu membebani dirimu sendiri.

Meskipun kamu udah menetapkan deadline, pembacamu nuntut update, ada event fresh yang harus kamu kejar sebelum basi, dll. apa pun itu jangan sampai membebani dirimu sendiri. Hal-hal yang kusebutin barusan kalau kamu pikirin terus-menerus malah makin membebanimu bikin semangat malesmu makin hilang.
Cara ketiga: Jawab Pertanyaan, Membuat Postingan, Curhat, Pancing Dirimu untuk Menulis Bebas
Cara ini entah kenapa ampuh banget buatku. Yaitu jawab pertanyaan di Quora
Aku tuh suka banget jawab pertanyaan di quora. Entah karena sotoy, pengen diakui, pengen dapet upvote, atau karena suka aja? EntahlahπŸ˜‚πŸ˜…. Yang pasti cara ini membuatku bisa buat nulis dengan semangat.
Kalau pertanyaannya aku suka. Aku bisa nulis jawaban yang NIAT banget. Sampai-sampai aku nyari referensi gambar, nyantumin link tautan, mengutip referensi dari informasi yang sudah ada, dll. Pokoknya terNIAT deh jawabannya.
Dari situ, tulisan jawaban aku, bisa aku pakai sebagai tulisan buat blog aku. Tentunya ini di permudah karena blog aku blog pribadi dengan konten gado-gado.
Tinggal copas, edit seperlunya, terus upload ke blog dan voila! Blognya update.
Ngomong-ngomong untuk cara mengingat lagi motivasi menulis blog entah kenapa nggak works buat aku, karena aku bikin blog buat tugas sekolah aja tahun 2011 πŸ™ˆ, nggak ada motivasi khusus, sehingga kalau cara ini nggak membangkitkan semangat menulis aku.
Terus untuk cara lain melihat penghasilan blogger lain alias menggunakan uang sebagai motivasi. Ini malah lebih nggak mempan lagi buatku. Kenapa? Karena aku tahu mendapatkan penghasilan dari blog lebih susah dari ngeYutub dan Instagram. Soalnya minat baca di Indonesia kecil. Sedangkan media informasi dan hiburan lain justru lebih berkualitas dan memiliki daya saing yang besar. Yah mungkin kalian akan menganggapku pesimis. Nggak, menurutku aku realistis. Tapi menggunakan uang sebagai motivasi menulis blog bukan hal yang mustahil. Masih bisa di pelajari

Cara ini memang belum tentu menjamin kamu buat konsisten menulis blog. Tapi minimal bisa memberimu alasan untuk menulis blog yang udah kamu bikin.

tulisan ini telah di upload di Quora 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar