Rabu, 12 Agustus 2020

Review Film Nightcrawler: Ketika Psikopat Menjadi Jurnalis

Sumpah ni film seru dan nggak bikin bosen.
Film Nightcrawler: Ketika Psycophat jadi Wartawan - Kompasiana.com
sumber: kompasiana.com
Rating IMDB: 7,9/10 (445.530)
Rating Rotten Tomatoes: skor: 95% - ‎269 ulasan
Rating Google: 91% menyukai film ini
Rating Amel go to Blog: 8,5/10

Nightcrawler adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Dan Gilroy dan diproduseri oleh Tony Gilroy, Jake Gyllenhaal, Jennifer Fox, David Lancaster dan Michel Litvak. Naskah film ini ditulis oleh Dan Gilroy.

Film ini menceritakan tentang seorang pengangguran bernama Louis ‘Lou’ Bloom (Jake Gyllenhaal), yang mendapat inspirasi untuk bekerja sebagai jurnalis criminal yang berburu dan merekam aksi criminal pada malam hari, untuk kemudian dijual pada stasiun TV berita setelah ia menyaksikan kecelakaan di jalan raya, dimana saat peristiwa itu berlangsung, bukan hanya polisi yang beraksi di kejadian, tapi juga wartawan dan fotografer criminal yang merekam kejadian ini.

Nightcrawler Archives - SukaSinema
sumber: sukasinema.com
Awalnya pekerjaan ini tidak mudah, namun sebagai jurnalis amatir tentunya Lou Bloom terus belajar dan mengembangkan dirinya hingga ia mampu membeli peralatan jurnalis criminal yang lebih memadai dan meningkatkan kualitas videonya. Bukan hanya itu saja, ia bahkan mampu memperkerjakan seorang asisten bernama Rick (Riz Ahmed) dengan bayaran murah karena pemuda gelandangan ini sangat membutuhkan uang.

dinah's family restaurant in los angeles : nightcrawler (2014 ...
sumber gambar: popturf.com

Seiring dengan pekerjaan yang berisiko tinggi dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskannya bersaing ketat mengejar berita dengan para jurnalis lain. Lou Bloom menjadi jurnalis yang licik dan kotor.

Diperparah lagi dengan Nina (Rene Russo) sang direktur berita yang memberitahu bahwa rating berita akan naik jika menampilkan berita yang mengandung unsur ‘berdarah-darah’ seperti kekerasan dan aksi criminal yang tentunya akan sangat mempengaruhi bayaran Lou Bloom selaku jurnalis lepas.

Hal ini membuat ia menghalalkan segala cara dan melanggar kode etik jurnalis untuk mendapatkan berita, seperti membiarkan kejahatan terjadi, mengedit video untuk meningkatkan rating, dan menyembunyikan kebenaran. Ia menjadi rakus.

Pertanyaannya. Mampukah Rick dan Nina menghentikan aksi gila Lou Bloom? Apakah Lou Bloom akan kena batunya, atau justru ia menjadi jurnalis sukses?

Kalau penasaran tonton aja filmnya. Lucu aja sih ngeliatnya. Di film ini actor Jake Gyllenhaal yang biasanya jadi tokoh baik-baik, di film ini dia justru menjadi penjahat alias villain protagonist. Di sini kemampuan acting Jake Gyllenhaal sangat diuji. Apakah ia yang biasa jadi tokoh baik-baik mampu berakting jadi penjahat? (dia sampai nurunin sekitar 13kg berat badannya buat totalitas meranin karakter ini lho!)

Biasanya si Jake ini selalu menjadi tokoh baik-baik. Seperti di film Prince of Persia(2010), The Day After Tommorrow (2004), Source Code (2011), Life (2017), dll.
tapi difilm ini dia beda banget di film biasanya. udah kayak orang lain. difilm ini dia memerankan karakter villain protagonis.

Btw villain protagonist adalah tokoh utama suatu cerita namun memiliki watak yang jahat. Jadi sebagai penonton, kita bakal diajak untuk melihat kisah dalam sudut pandang villain alias penjahat dalam cerita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar